"Tiga aspek di antara berbagai komponen pokok sistem pendidikan adalah Kurikulum, Pembe-lajaran dan Evaluasi. Evaluasi pembelajaran memegang peran penting dari seluruh kegiatan proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik, karena melalui kegiatan ini pendidik dapat menjamin dan memastikan bahwa apa yang mereka kembangkan dan kerjakan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum pendidikan.
Perubahan orientasi kurikulum dari berbasis isi ke berbasis kompetensi membawa implikasi langsung terhadap proses pembelajaran di sekolah. Termasuk di dalamnya evaluasi sebagai upaya mengukur penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang dituntut kurikulum. Buku yang Anda baca ini dirancang secara sederhana agar bukan saja mudah dipahami tetapi juga mudah operasionalnya. Penulis memaparkan secara gamblang konsep-konsep evaluasi pembelajaran dan disertai rangkuman setiap bab serta evaluasi mandiri sebagai bahan latihan yang dibutuhkan oleh calon pendidik yang telah disesuaikan dengan kurikulum saat ini.
Pokok bahasan buku ini:
1. Standar Kompetensi Profesional Guru
2. Evaluasi dan Proses Pembelajaran
3. Penilaian Bebasis Kelas
4. Pengembangan Tes Prestasi Belajar
5. Validitas dan Reliabilitas Tes Hasil Belajar
6. Teori Responsi Butir
Buku ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa pendidikan, tenaga pendidik (dosen, guru, tutor, dan fasilitator), birokrasi, praktisi, peneliti, pengamat pendidikan, widyaswara, pengawas pendidikan, dan tenaga kependidikan lainnya.
"
Jumlah Halaman | XIV+234 |
Penulis | Ir. Sudaryono, M.Pd. |
ISBN | 978-979-756-873-3 |
Tahun Terbit | 2012 |
Penerbit | Graha Ilmu |
Stok Buku | 0 / |