Dakwah merupakan fenomena agama dan fenomena sosial, yang dapat dikaji melalui Ilmu Komunikasi sebagai Ilmu Sosial yang bersifat terapan, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari interalasi dan interaksi sosial melalui pesan dan tindakan. Interaksi sosial itu sangat rumit dan konpleks. Manusia secara individual adalah makhluk berakal yang memiliki filter konseptual dalam merespons semua informasi, godaan, dan dakwah atau ajakan untuk melaksanakan kebaikan dan kebajikan serta mencegah kemungkaran (al-khayr, amr ma'ruf, dan nahy mungkar). Dakwah yang efektif memerlukan strategi dan penggunaan media komunikasi, terutama dalam menghadapi persaingan global dan tantangan globalisasi akibat terjadinya revolusi informasi.
Ilmu Komunikasi mempelajari hukum-hukum Tuhan (sunnatullah) yang menguasai kehidupan sosial manusia dalam berinterelasi dan berinteraksi melalui ucapan (verbal) dan tindakan (nonverbal) baik langsung maupun melalui media, seperti media massa (pers, film, radio, dan televisi) atau media sosial, sebagi hasil kemajuan ilmu dan teknologi. Tanpa strategi dan penggunaan media, dakwah dapat dikalahkan oleh "lawan dakwah" (kemungkaran) yang justru berkembang melalui berbagai jenis media, yang dapat menjadi tantangan tanpa akhir
Buku ini mempertemukan konsep-konsep dakwah yang bersifat ideal normatif dengan aplikasi teori komunikasi klasik dan kontemporer terutama yang bersifat rasional, aktual, dan empiris. Buku ini hanya fokus pada telaah tentang pentingnya stratergi dakwah dan penggunaan media, terutama media massa serta aplikasinya dalam praktik. Perumusan strategi meliputi peranan dai dan lemabaga, memantapkan kelembagaan, memahami khalayak,, merencanakan pesan, menetapkan metode, dan memilah dan memilih media yang tepat.
Buku ke-48 yang ditulis oleh Anwar Arifin AndiPate ini, dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para dari atau mubalig/mubaligah, mahasiswa, dan peminat lainnya untuk memahami masalah dan tantangan dakwah masa kini. Buku ini juga dirapkan untuk memperkayakhazanah ilmu pengetahuan.
Jumlah Halaman | 146 |
Penulis | Anwar Arifin AndiPate |
ISBN | 978-602-7854-38-3 |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | Khalifah Mediatama |
Stok Buku | 0 / |