Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan
siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Setiap peserta didik dituntut mencari informasi dari semua sumber belajar.
Dalam hal ini, guru berperan penting untuk meningkatkan dan
menyesuaikannya dengan daya serap masing-masing siswa. Guru
dapat berkreasi membuat aktivitas-aktivitas yang relevan dengan
mata pelajaran yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Selain itu, buku ini juga memberikan contoh bagaimana desain
pengembangan silabus, RPP, sekaligus aplikasinya terhadap pembelajaran bahasa Arab berbasis K-13 di Madrasah Aliyah yang
meliputi maharah istima’ (keterampilan menyimak), maharah
kalam (keterampilan berbicara), maharah qira’ah (keterampilan
membaca), maharah kitabah (kemampuan menulis), dan qa’idah
lughawiyyah (kaidah-kaidah tata kata dan kalimat). Selain itu juga
dipaparkan bagaimana pengembangan muatan aktivitas peserta didik di setiap keterampilan berbahasa. Tentunya, perangkat-perangkat tersebut disusun dengan mengacu pada Keputusan Menteri
Agama No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama
Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah
Jumlah Halaman | 202 |
Penulis | Nur Sholeh |
ISBN | 978-623-6841-74-7 |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Literasi Nusantara |
Stok Buku | 0 / |