"Setiap kegiatan pembelajaran pasti mempunyai tujuan yang akan dicapai. Untuk mengetahui capaian tujuan, perlu dilaksanakan evaluasi atau penilaian. Demikian juga dengan kegiatan pembelajaran berbicara. Dalam kegiatan pembelajaran berbicara, tujuan yang akan dicapai adalah diperolehnya kompetensi atau keterampilan berbicara peserta didik. Untuk mengetahui capaian pembelajaran berbicara, diperlukan penilaian.
Penilaian yang dilaksanakan harus memenuhi prinsip penilaian. Prinsip pertama adalah berorientasi pada pencapaian kompetensi. Penilaian berfungsi untuk mengukur ketercapaian peserta didik (mahasiswa) sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, penilaian harus valid, yaitu mengukur apa yang seharusnya diukur. Untuk mengukur yang seharusnya diukur, diperlukan alat ukur atau instrumen. Hal ini merupakan prinsip penilaian kedua. Penilaian juga harus memiliki unsur adil. Adil dalam penilaian dapat diwujudkan dengan pembobotan setiap aspek. Bobot setiap aspek disesuaikan dengan karakter setiap aspek dan tujuan penilaian. Hal ini merupakan prinsip penilaian ketiga."
Jumlah Halaman | XVI+106 |
Penulis | Hari Wahyono |
ISBN | 978-623-5334-31-8 |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Media Akademi |
Stok Buku | 0 / |