Ketika dihadapkan dengan pertanyaan tentang pembelajaran yang berkualitas, keberhasilan peserta didik mengembangkan kompetensi potensialnya menjadi ide utama yang tercetus. Serangkaian proses dan sumber belajar yang dirancang memerlukan suatu alat untuk mengukur ketercapaian potensi yang diharapkan. Alat ini diharapkan tidak hanya mampu mengukur tetapi juga mampu memberikan gambaran umpan balik yang perlu dilakukan. Melakukan evaluasi pembelajaran merupakan tugas pokok bagi seorang pendidik. Dengan melakukan evaluasi dihasilkan gambaran potensi peserta didik, baik potensi awal ataupun potensi dampak implementasi pembelajaran. Untuk itu, pengetahuan dasar dan keterampilan dalam membuat instrumen serta interpretasinya sangat diperlukan tidak hanya untuk menjalankan fungsi sebagai guru tetapi juga sebagai seorang peneliti. Buku ini menyajikan konsep dasar evaluasi hingga konsep pengembangan instrumen dalam pembelajaran matematika. Kajian yang dibahas meliputi pengukuran, penilaian hasil belajar, evaluasi, tes, non-tes, pengembangan instrumen, analisis butir soal secara kualitatif, analisis butir soal secara kuantitatif, analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distractor. Dengan berbekal buku ini, diharapkan pembaca dapat memiliki pengetahuan dalam mengembangkan instrumen evaluasi dan juga instrumen penelitian dalam pembelajaran matematika.
Jumlah Halaman | VIII+146 |
Penulis | Widyastuti, S.Pd., M.Pd., Agung Putra Wijaya, S.Pd., M.Pd. |
ISBN | 978-602-262-949-8 |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | Graha Ilmu |
Stok Buku | 0 / |