PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA
Tunggu Sebentar...
 


× Home Berita Buku Gratis Buku Koleksi Tentang Kami



Konstruksi Identitas Sekolah Islam Dalam Wacana Poskolonial

Pada penghujung abad ke-20, peta pendidikan Islam Indonesia dapat dibagi dalam tiga bentuk: pesantren, madrasah, dan sekolah Islam (Steenbrink, 1994; Subhan, 2012; Suyatno et al., 2020). Lembaga pendidikan Islam berbentuk pesantren tampil dengan tradisionalitas yang khas ditopang lima elemen penting: santri, pondok, kiai, masjid, dan kitab kuning (Dhofier, 1994; Kusdiana, 2014; Nizar, 2013). Dalam bentuk yang lain,
madrasah menjadi lembaga pendidikan Islam yang diproyeksikan untuk menjembatani pendidikan umum dan pesantren dengan pengajaran yang lebih modern dan cenderung mengikuti pendidikan umum (Bahri, 2020). Sementara itu, sekolah Islam menjadi lembaga pendidikan Islam yang memasukkan substansi Islam dalam budaya dan kurikulum sekolah
secara integral. Sekolah Islam biasa disebut sebagai sekolah umum yang memasukkan doktrin Islam dalam budaya dan kurikulum sekolah (Subhan, 2012).

Detil Buku
Jumlah Halaman 172
Penulis Ach. Nurholis Majid, dkk
ISBN 978-623-8246-05-2
Tahun Terbit 2023
Penerbit Literasi Nusantara
Stok Buku 0 /
Kembali