Secara umum hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya. Untuk itu diperlukan suatu perubahan sosial.Ini berarti bahwa pembangunan itu menyangkut proses perubahan baik di bidang ekonomi, budaya, sosial, atau pendidikan. Pendidikan terdiri atas dua pengertian, yaitu pengertian luas dan pengertian sempit. Pendidikan dalam arti luas merupakan proses tanpa akhir yang diupayakan oleh siapapun, terutama (penanggung jawab) negara. R.S. Peters dalam bukunya The Philosophy of Education (dalam Nuraini Soyomukti) mengatakan bahwa “pada hakikatnya pendidikan tidak mengenal akhir karena kualitas kehidupan manusia terus meningkat.” Pendidikan adalah
proses untuk memberikan manusia berbagai macam situasi yang bertujuan memberdayakan diri, dan aspek-aspek yang paling
dipertimbangkan adalah penyadaran, pencerahan, pemberdayaan, dan perubahan perilaku
Jumlah Halaman | 244 |
Penulis | Dr. H. Abdulloh Shodiq, M.Pd |
ISBN | 978-623-7125-79-2 |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Literasi Nusantara |
Stok Buku | 0 / |