Pembelajaran adalah sebuah sistem, yang di dalamnya terdapat unsur-unsur, komponen-komponen, variabel-variabel yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu sebelum merancang pembelajaran, perlu dikaji dasar teoretis dalam merancang sebuah pembelajaran, dalam hal ini berupa model-model desain pembelajaran yang telah dihasilkan oleh para ahli pendidikan. Kegiatan selanjutnya setelah merancang pembelajaran adalah mengembangkan program pembelajaran berdasarkan rancangan yang telah dibuat. Program-program pembelajaran yang harus disusun oleh guru meliputi silabus, analisis konsep, RPP, lembar kerja siswa (LKS), bahan ajar, media pembelajaran, serta instrumen asesmen pembelajaran. Pada penerapan Kurikulum 2013, silabus masing-masing mata pelajaran telah disusun di tingkat pusat, guru hanya menganalisis silabus dan menyesuaikan kegiatan pembelajaran, agar sesuai dengan kondisi di sekolah masing-masing. Menganalisis konsep sangat penting, karena dari situ guru menge-tahui hubungan antara konsep satu dengan yang lain, mengetahui konsep-konsep penting, sehingga dapat menentukan darimana pembelajaran harus dimulai, sesuai dengan pendekatan yang digunakan.
Jumlah Halaman | X+234 |
Penulis | Dr. Noor Fadiawati, M.Si, M. Mahfudz Fauzi S., S.Pd., M.Sc. |
ISBN | 978-602-262-839-2 |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | Graha Ilmu |
Stok Buku | 0 / |