PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA
Tunggu Sebentar...
 


× Home Berita Buku Gratis Buku Koleksi Tentang Kami



Teori Responsi Butir

"Pada hakekatnya proses pengukuran semuanya baik. Hanya kekonsistenan pelaksana dan penilai hasil pengukuran di samping kejujuran memberi penilaian adalah yang utama. Kecanggihan alat ukur modern belum tentu bermanfaat bagi peserta didik, selama hal itu dilakukan setengah hati. Teori responsi butir atau item response theory merupakan alternatif pilihan yang bertujuan melepaskan diri dari ketergantungan tes yang diberikan dengan sampel peserta tes. Dalam hal ini walaupun soal-soal tersebut dikerjakan oleh siswa yang pandai atau siswa yang kurang pandai, indikasi tingkat kesukaran suatu soal tetap tidak berubah.
Untuk mengukur kemampuan peserta tes yang sangat beragam di Indoensia, seperti Ujian Nasional, seharusnya digunakan juga ujian atau tes yang berbeda tingkat kesukaran soalnya, supaya adil dan juga akurat hasilnya. Peserta tes atau ujian (seperti Ujian Nasional) yang mengerjakan tes atau ujian yang berbeda tingkat kesukaran soalnya, tetap bisa dibandingkan kemampuannya, asalkan soal-soal dalam ujian tersebut berasal atau diambil dari bank soal yang sudah dikalibrasi dengan konsep item response theory.
Buku yang Anda baca ini dirancang secara sederhana agar bukan saja mudah dipahami tetapi juga mudah operasionalnya. Penulis memaparkan secara gamblang konsep-konsep teori responsi butir dan disertai kesimpulan setiap bab serta evaluasi mandiri sebagai bahan latihan yang dibutuhkan oleh calon pendidik yang telah disesuaikan teori pengukuran modern.
Pokok bahasan buku ini:
1. Teori Responsi Butir (Item Response Theory)
2. Model-Model Teori Responsi Butir
3. Pencocokan Model dan Fungsi Informasi
4. Konsep Bias Butir (Differential Item Function)
Buku ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa pendidikan, ahli pengukuran, psikometri, penelitian dan evaluasi pendidikan, tenaga pendidik (dosen, guru, tutor, dan fasilitator), birokrasi, praktisi, peneliti, pengamat pendidikan, widyaswara, pengawas pendidikan, dan tenaga kependidikan lainnya.
"

Detil Buku
Jumlah Halaman VIII+86
Penulis Ir. Sudaryono, M.Pd.
ISBN 978-979-756-952-5
Tahun Terbit 2013
Penerbit Graha Ilmu
Stok Buku 0 /
Kembali