Dalam konteks pembelajaran di kelas, bahasa merupakan pusat segala peristiwa dalam kelas. Pengetahuan, nilai-nilai, proses berpikir, dan keyakinan guru dapat diketahui dari bahasa yang digunakan sehingga tuturan guru merupakan bagian terpenting dari konstruksi wacana kelas. Dengan kata lain, keberhasilan penerapan teknik pembelajaran yang bersumber dari metode pembelajaran apapun bergantung pada ketepatan eksplanasi guru dalam berbagai tahap pembelajaran yang secara alamiah dibentuk oleh kemampuan guru dalam mengomunikasikan isi eksplanasi, mengembangkan model penuturan eksplanasi, dan menerapkan fungsi bahasa untuk memanfaatkan dan mengembangkan informasi atau pengetahuan. Meski ditulis berdasarkan hasil penelitian tuturan wacana kelas atau wacana interaksi pembelajaran, hal-hal penting yang dijabarkan dalam buku ini dapat digunakan sebagai penambah wawasan dan pengetahuan bagi siapapun dalam berbagai aktivitas komunikasi. Karena bagaimanapun juga, tujuan utama dari berbagai aktivitas komunikasi adalah penyampaian pesan secara jelas dan efektif. Dan tuturan eksplanatif sendiri menjadi salah satu wahana untuk mewujudkan tujuan komunikasi tersebut.
Jumlah Halaman | xviii+182 |
Penulis | Rusdhianti Wuryaningrum & Dawud |
ISBN | 978-602-0787-63-3 |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Relasi Inti Media |
Stok Buku | 0 / |