Kurikulum integrasi ini telah diterapkan Madrasah Aliyah Syafi’iyah
Nurur Rahma Probolinggo dan SMA Tunas Luhur. Keduanya memiliki program unggulan dalam rangka menarik minat masyarakat untuk
menyekolahkan putra-putri mereka. Kedua lembaga menyusun perencanaan kurikulum integrasi sains dan agama dengan melibatkan tujuan
pendidikan, potensi daerah dan kebutuhan rakyat, dan komponen
pokok penyusunan kurikulum. Kemudian, kesuksesan pengimplementasian kurikulum di kedua lembaga bergantung pada kemampuan
guru, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Terakhir, evaluasi kurikulum integrasi sains dan agama di kedua lembaga dilakukan
dengan meninjau ulang dokumen kurikulum dan formatif-sumatif.
Selain itu, kajian kurikulum integrasi sains dan agama ini melahirkan
konsep baru yang diistilahkan dengan “Manajemen Kurikulum Tubuh”.
Dengan demikian, buku ini disusun agar mampu memberikan
pengetahuan baru bagi pembaca yang fokus pada bidang kurikulum.
Diharapkan pula buku ini dapat menjadi referensi atau bahan perbandingan bagi para peneliti yang sedang melakukan kajian kurikulum
integrasi.
Jumlah Halaman | 162 |
Penulis | Dr. K.H. Abu Aman Siddiq Al Ghafir, M.Pd.I. |
ISBN | 978-623-329-131-6 |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Literasi Nusantara |
Stok Buku | 0 / |