PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA
Tunggu Sebentar...
 


× Home Berita Buku Gratis Buku Koleksi Tentang Kami



Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran

Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa. Untuk membelajarkan seseorang, diperlukan pijakan teori agar apa yang dilakukan guru, dosen, pelatih, instruktur mauppun siapa saja yang berkeinginan untuk membelajarkan orang dapat berhasil dengan baik. Ada dua pijakan teori yang dapat dijadikan pegangan agar pembelajaran berhasil dengan baik. Kedua teori tersebut adalah teori belajar yang bersifat deskriptif. Teori ini memerikan bagaimana sesorang melakukan kegiatan belajar. Teori belajar yang banyak diterapkan para ahli pembelajaran itu meliputi teori behavioristik, teori kognitifistik, teori humanistik, dan teori belajar sibernetik. Bahkan belakangan berkembang teori konstruktivistik. Semua teori belajar ini di paparkan secara detail oleh penulis yang dikenal sebagai doktor dalam bidang teknologi pembelajaran.

Pijakan teori kedua yang di paparkan dalam buku ini adalah teori pembelajaran atau teori preskriptif. Teori ini memerikan bagaimana seseorang memengaruhi atau mendesain lingkungan belajar agar seseorang tertarik untuk belajar. Pemikiran para pakar pembelajaran seperti Gagne, Reigeluth, Merrill, Romizozki, Dick and Carey, Anderson, Landa serta pakar lainnya banyak diuraikan dalam buku ini sehingga membantu kita untuk mendesain pembelajaran dengan baik.

Dalam buku ini, juga diberikan contoh-contoh terapan berbagai teori, baik teori belajar maupun teori pembelajaran yang mudah dipahami bukan saja oleh pernacang pembelajrang, tetapi mahasiswa baik S-1, S-2, dan S-3, guru Sd sampai SLTA/SMK, Instruktur dalam lembaga pelatihan, apalagi dosen perguruan tinggi akan sangat terbantu dengan buku ini.

Detil Buku
Jumlah Halaman x + 232
Penulis Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd.
ISBN 979-526-242-4
Tahun Terbit 2006
Penerbit Bumi Aksara
Stok Buku 0 /
Kembali