Di Indonesia, upaya perbaikan mutu lulusan baik pendidikan
umum atau pendidikan pondok pesantren dengan cara mengembangakan kompetensi gurunya terus digalakkan dan dilaksanakan
sehingga menjadi institusi pendidikan yang berskala nasional bahkan internasional. Kebijakan desentralisasi adalah bentuk perbaikan
dari pemerintah secara menyeluruh melalui metode TQM (Total
Quality Management) atau MMT (Manajemen Mutu Terpadu) dengan memberikan wewenang sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk mengelola pemerintahan, khusunya dalam hal pengembangan SDM di institusi pendidikan. Hal ini merupakan solusi dan
alternatif untuk meminimalisir keterpurukan pendidikan nasional
yang menurut Work Bank dalam Educational Indonesia: From Crisis
To Recovery disebabkan empat hal, pertama, kompleksitas pengorganisasian pendidikan; kedua, praktek manajemen yang sentralistik;
ketiga, pengelolaan dan penganggaran yang kaku; dan keempat, manajemen sekolah dan pesantren yang tidak efektif.
Buku ini adalah salah bentuk usaha memberikan acuan referensi bacaan pengembangan kompetensi guru dalam bentuk konsep, model dan implikasinya dalam pengembangan SDM di lembaga pendidikan umum atau yang berada di bawah naungan pondok
pesantren.
Jumlah Halaman | 292 |
Penulis | Dr. Saeful Kurniawan,S.Pd., M.Pd.I |
ISBN | 978-623-7125-64-8 |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Literasi Nusantara |
Stok Buku | 0 / |