Ada enam dimensi kompetensi yang harus dikuasai pengawas sekolah yakni: (a) kompetensi kepribadian, (b) kompetensi supervisi manajerial, (c) kompetensi supervisi akademik, (d) kompetensi evaluasi pendidikan, (e) kompetensi penelitian dan pengembangan, dan (f) kompetensi sosial. Berdasarkan hasil observasi dan uji kompetensi yang dilakukan kepada pengawas di di kabupaten Tapanuli Tengah menunjukkan bahwa kompetensi pengawas sekolah/madrasah masih perlu ditingkatkan terutama dimensi kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, dan kompetensi penelitian dan pengembangan. Untuk itu diperlukan adanya upaya yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah/madrasah baik bagi pengawas sekolah/madrasah dalam jabatan, terlebih lagi bagi para calon pengawas sekolah/madrasah.
Jumlah Halaman | 580 |
Penulis | Dr. Haidir, M.Pd., Dr. (C) H. Ismail, S.Pd.,M.Pd. |
ISBN | 978-623-329-990-9 |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Literasi Nusantara |
Stok Buku | 0 / |