"Metodologi 6 sigma dipopulerkan oleh perusahaan kelas dunia Motorola di tahun 80-an dan sepanjang perkembangannya, banyak dipakai oleh perusahaan besar kelas dunia untuk meningkatkan mutu produksi dan penghematan biaya. Dengan kata lain, Metodologi 6 sigma telah menjadi sebuah kebutuhan bagi perusahaan agar mampu bersaing dan tumbuh di tengah-tengah globalisasi. Pada dasarnya 6 sigma merupakan gabungan antara pengetahuan statistik (SPC & pemodelan) dan aspek manajemen (terdokumentasi, ISO) dan dikonsepkan secara sistematis (metodologi) dalam model DMAIC yang terstruktur.
Semua komponen dalam model DMAIC penting karena merupakan satu kesatuan, namun secara teknis kunci keberhasilan suatu proyek 6 sigma sangat tergantung pada komponen A /Analyze dan I/Improve, karena itu supaya penyajian buku ini memberikan nilai tambah kepada pembaca maka isi buku ini selain mencakup semua komponen 6 sigma/DMAIC, juga ditekankan pada komponen Analyze dan Improve serta diberi contoh proyek 6 sigma sebagai acuan.
Dasar-dasar statistik (SPC dan Pemodelan) √
Konsep dasar 6 sigma /DMAIC √
Design of experiment / DOE √
Response Surface Methodology/RSM √
Contoh proyek 6 sigma √
QC 7 tools √
VOC (voice of customer) √
"
Jumlah Halaman | XIV+372 |
Penulis | Saludin Muis |
ISBN | 978-979-756-694-4 |
Tahun Terbit | 2010 |
Penerbit | Graha Ilmu |
Stok Buku | 0 / |