Sebagai jalan yang paling baik, pendidikan Islam perlu direncanakan secara baik dan sistematis sehingga pendidikan Islam benar-benar dapat menyejahterakan setiap muslim, baik di dunia maupun di akhirat. Namun, dalam praktik pelaksanaan pendidikan Islam, faktor perencanaan pendidikan baru atau masih lebih banyak dijadikan faktor pelengkap sehingga sering kali tujuan yang telah ditetapkan tidak tercapai secara maksimal.
Penyebabnya adalah karena para perencana pendidikan kurang memahami proses dan mekanisme perencanaan dalam konteks yang lebih komprehensif. Selain itu, posisi bidang perencanaan belum merupakan faktor kunci keberadaan suatu lembaga pendidikan, baik pada tingkat makro maupun mikro. Oleh karena itu, peran perencanaan pendidikan terhadap pencapaian visi; misi; dan tujuan lembaga pendidikan belum dirasakan secara optimal.
Jumlah Halaman | 204 |
Penulis | Khoirul Ulum, dkk |
ISBN | 978-623-8388-35-6 |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Literasi Nusantara |
Stok Buku | 0 / |