Diplomasi Publik Digital merupakan konsep dalam diplomasi publik yang menandai peran penting teknologi digital. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah memaksa diplomasi untuk tidak lagi bersifat elitis agar dapat membangun citra yang lebih baik dan menjangkau publik dengan lebih luas Saat ini hampir semua negara mempraktekkan diplomasi melalui teknologi digital dan juga mengembangkan diplomasi publik melalui media sosial dan atau paltform digital lainnya. Tidak saja institusi yang menjadi penyelernggara diplomasi publik digital, melainkan individu atau para diplomat aktif mengelola media sosial mereka masing-masing untuk mempromosikan kepentingan luar nasionalknya. Buku ini merupakan buku yang akan mengantarkan pembaca memahami pengaruh teknologi digital dalam praktek diplomasi, kontribusi penting teknologi digital dalam diplomasi sekaligus kerentanan yang diakibatkan oleh teknologi digital itu sendiri atas praktek diplomasi. Buku ini juga akan memberikan sejumlah studi kasus praktek diplomasi publik digital di sejumlah negara, yaitu Indonesia, Amerika, Jepang dan Inggris. Indonesia cukup aktif dalam mempergunakan media sosial dalam memberikan informasi kepada publik meski belum sepenuhnya mampu membangun engagement. Amerika juga sangat aktif bahkan dapat dikatakan agresif dalam menyebarkan nilai-nilai Amerika melalui media sosial. Sementara Jepang sangat strategis dalam mempergunakan media sosialnya untuk membangun citra negara. Sedangkan Inggris dapat menjadi contoh bagi pengembangan diplomasi digital yang cukup baik karena tidak hanya membangun teknologi tetapi juga sumber dapay manusianya.
Jumlah Halaman | XVI+154 |
Penulis | Iva Rachmawati, Machya Astuti Dewi, Erna Kurniawati |
ISBN | 978-623-228-848-5 |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Graha Ilmu |
Stok Buku | 0 / |