PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA
Tunggu Sebentar...
 


× Home Berita Buku Gratis Buku Koleksi Tentang Kami



Penelitian Tindakan Kelas

"Penelitian tindakan kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin pada tahun 1946. Inti gagasan lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin Mc Tanggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan sebagainya. PTK di Indonesia baru dikenal pada akhir dekade 80-an. Oleh karenanya, sampai dewasa ini keberadaanya sebagai salah satu jenis penelitian masih sering menjadi perdebatan jika dikaitakan dengan dengan bobot keilmiaannya.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dimaksud untuk: lMemperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru/dosen demi tercapainya tujuan pembelajaran
• Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan
• Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas
• Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya
• Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya, pendekatan, metode, strategi dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran
• Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru
• Buku ini memberikan penerapan atau aplikasi teori penelitian yakni, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur dan rancangan penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan kelas, model-model penelitian tindakan kelas, pengembangan instrumen penelitian tindakan kelas, serta contoh rancangan proposal penelitian tindakan kelas.
"

Detil Buku
Jumlah Halaman VIII+180
Penulis Samsu Somadayo
ISBN 978-979-756-915-0
Tahun Terbit 2013
Penerbit Graha Ilmu
Stok Buku 0 /
Kembali