"Penelitian tindakan kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin pada tahun 1946. Inti gagasan lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin Mc Tanggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan sebagainya. PTK di Indonesia baru dikenal pada akhir dekade 80-an. Oleh karenanya, sampai dewasa ini keberadaanya sebagai salah satu jenis penelitian masih sering menjadi perdebatan jika dikaitakan dengan dengan bobot keilmiaannya.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dimaksud untuk: lMemperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru/dosen demi tercapainya tujuan pembelajaran
• Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan
• Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas
• Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya
• Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya, pendekatan, metode, strategi dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran
• Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru
• Buku ini memberikan penerapan atau aplikasi teori penelitian yakni, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur dan rancangan penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan kelas, model-model penelitian tindakan kelas, pengembangan instrumen penelitian tindakan kelas, serta contoh rancangan proposal penelitian tindakan kelas.
"
Jumlah Halaman | VIII+180 |
Penulis | Samsu Somadayo |
ISBN | 978-979-756-915-0 |
Tahun Terbit | 2013 |
Penerbit | Graha Ilmu |
Stok Buku | 0 / |