PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA
Tunggu Sebentar...
 


× Home Berita Buku Gratis Buku Koleksi Tentang Kami



Academic Burnout Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Indonesia dan dunia global sedang menghadapi wabah
pandemi Covid-19. Pandemi ini mengakibatkan adanya
pembatasan dalam berbagai aspek kehidupan di masyarakat.
Kebijakan pembatasan ini dirasakan dampaknya pada sektor
Pendidikan. Kebijakan pembelajaran di masa pandemi adalah
pembelajaran jarak jauh melalui pemanfaatan teknologi internet
(pembelajaran daring). Pembelajaran daring tentunya tidak sama
situasinya dengan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran daring
menihilkan interaksi secara tatap muka antara peserta didik
dengan pendidik. Peserta didik belajar secara mandiri di rumah
dengan memanfaatkan interaksi virtual. Kondisi ini tentunya
membutuhkan penyesuaian-penyesuaian agar pembelajaran daring
berjalan efektif. Fakta di lapangan menunjukkan pembelajaran
daring menghadirkan berbagai problema yang cukup kompleks
pada diri peserta didik. Padatnya kurikulum mengakibatkan
pembelajaran daring tidak ubahnya seperti pembelajaran tatap
muka. Peserta didik mengeluhkan waktunya habis tersita untuk
mengikuti pembelajaran daring mulai pagi sampai siang, dan
menyelesaikan penugasan yang dianggap cukup banyak dan padat
dari semua mata pelajaran. Pendidik juga masih belum sepenuhnya
mampu menyesuaikan kondisi pembelajaran daring dengan
beban studi yang harus dipenuhi siswa. Situasi tersebut tentunya
tidak mudah dihadapi oleh peserta didik. Mereka dihadapkan
pada tekanan-tekanan akademik yang cukup berat. Kondisi ini
jika dibiarkan akan mengakibatkan munculnya potensi academic
burnout.

Detil Buku
Jumlah Halaman 141
Penulis Dr. Arbin Janu Setiyowati
ISBN 978-602-462-789-8
Tahun Terbit 2021
Penerbit Media Nusa Creative
Stok Buku 0 /
Kembali