Ruang lingkup materi isi buku ini adalah tentang perspektif psikologi terhadap komunikasi. Jika psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari proses mental dan perilaku manusia, maka komunikasi sebenarnya adalah salah satu bentuk perilaku itu, yaitu perilaku dalam memproses dan memaknai simbol/pesan. Secara lebih detil di dalam buku ini dibahas tentang karakteristik manusia menurut psikologi, faktor-faktor (yang mempengaruhi) perilaku manusia, psikologi dalam sistem komunikasi intrapersonal, psikologi dalam sistem komunikasi interpersonal, psikologi dalam sistem komunikasi kelompok, psikologi komunikator, psikologi pesan, motivasi dan komunikasi, faktor-faktor reaksi khalayak pada media massa, efek kognitif dan afektif media massa, karakteristik saluran komunikasi, dan karakteristik khalayak. Manfaat yang diperoleh setelah membaca materi/isi buku ini adalah, bahwa jika suatu saat pesan-pesan yang kita sampaikan kepada seseorang dimaknai berbeda dari apa yang kita maksudkan, maka kita segera mengerti ada “masalah” dengan psikologi orang tersebut. Dengan perkataan lain, komunikasi tidak berlangsung tidak efektif karena ada “masalah” dengan psikologi, baik pada diri komunikator maupun komunikan, atau pada kedua belah pihak. Oleh karena itu, hikmah/pelajarannya adalah, pahami dulu psikologi baru kemudian Anda berkomunikasi.
Jumlah Halaman | VIII+148 |
Penulis | Riswandi, Drs., M.Si |
ISBN | 978-602-262-093-3 |
Tahun Terbit | 2013 |
Penerbit | Graha Ilmu |
Stok Buku | 0 / |